Info Terbaru 2022

Contoh Pidato Hikmah Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad

Contoh Pidato Hikmah Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad
Contoh Pidato Hikmah Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad
Tiada kata yang pantas untuk diucapkan kecuali memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita sekalian. Sehingga kita masih sanggup menikmati anugrah terindahnya berupa kesehatan serta oksigen yang kita hirup tanpa harus membayar sepeserpun. Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memperlihatkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang jelas benderang.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang saya hormati. Tanggal 12 Rabiul Awal 1431 H, bertepatan pada 26 Februari 2010 seluruh kaum muslim merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, tidak lain merupakan warisan peradaban Islam yang dilakukan secara turun temurun. Dalam catatan historis, Maulid dimulai semenjak zaman kekhalifahan Fatimiyah di bawah pimpinan keturunan dari Fatimah az-Zahrah, putri Muhammad. Perayaan ini dilaksanakan atas ajuan panglima perang, Shalahuddin al-Ayyubi (1137M-1193 M), kepada khalifah biar mengadakan peringatan hari kelahiran Muhammad. Tujuannya yaitu untuk mengembalikan semangat juang kaum muslimin dalam usaha membebaskan Masjid al-Aqsha di Palestina dari cengkraman kaum Salibis. Yang kemudian, menghasilkan efek besar berupa semangat jihad umat Islam menggelora pada ketika itu. Secara subtansial, perayaan Maulid Nabi yaitu sebagai bentuk upaya untuk mengenal akan keteladanan Muhammad sebagai pembawa fatwa agama Islam. Tercatat dalam sepanjang sejarah kehidupan, bahwa nabi Muhammad yaitu pemimipn besar yang sangat luar biasa dalam memperlihatkan pola agung bagi umatnya.

Dalam konteks ini, Maulid harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat. Yakni, sebagai semangat gres untuk membangun nilai-nilai profetik biar tercipta masyarakat madani (Civil Society) yang merupakan kepingan dari demokrasi mirip toleransi, transparansi, anti kekerasan, kesetaraan gender, cinta lingkungan, pluralisme, keadilan sosial, ruang bebas partisipasi, dan humanisme. Dalam tatanan sejarah sosio antropologis Islam, Muhammad sanggup dilihat dan dipahami dalam dua dimensi sosial yang berbeda dan saling melengkapi.

Contoh Pidato Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Pertama, dalam perspektif teologis-religius, Muhammad dilihat dan dipahami sebagai sosok nabi sekaligus rasul terakhir dalam tatanan konsep keislaman. Hal ini memposisikan Muhammad sebagai sosok insan sakral yang merupakan wakil Tuhan di dunia yang bertugas membawa, menyampaikan, serta mengaplikasikan segala bentuk pesan “suci” Tuhan kepada umat insan secara universal.

Kedua, dalam perspektif sosial-politik, Muhammad dilihat dan dipahami sebagai sosok politikus andal. Sosok individu Muhammad yang identik dengan sosok pemimpin yang adil, egaliter, toleran, humanis, serta non-diskriminatif dan hegemonik, yang lalu bisa membawa tatanan masyarakat sosial Arab kala itu menuju suatu tatanan masyarakat sosial yang sejahtera dan tentram.

Tentu, sudah saatnya bagi kita untuk mulai memahami dan memperingati Maulid secara lebih mendalam dan fundamental, sehingga kita tidak hanya memahami dan memperingatinya sebatas sebagai hari kelahiran sosok nabi dan rasul terakhir yang sarat dengan serangkaian ritual-ritual sakralistik-simbolik keislaman semata, namun menjadikannya sebagai kelahiran sosok pemimpin.

Karena bukan menjadi diam-diam lagi bila kita sedang membutuhkan sosok pemimpin bangsa yang bisa merekonstruksikan suatu gambaran kepemimpinan dan masyarakat sosial yang ideal, egaliter, toleran, humanis dan nondiskriminatif, sebagaimana dilakukan Muhammad untuk seluruh umat manusia.

Kontekstualisasi peringatan Maulid tidak lagi dipahami dari perspektif keislaman saja, melainkan harus dipahami dari banyak sekali perspektif yang menyangkut segala persoalan. Misal, politik, budaya, ekonomi, maupun agama.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang saya cintai.
Nabi Muhammad dilahirkan ke dunia.

Datangnya membawa tugas.
Perginya meninggalkan bekas.
Datangnya membawa kiprah yang diselesaikan dalam 23 tahun.
Datangnya ke dunia diperintah untuk memperbaiki kebijaksanaan pekerti (sholihah Akhlak)
supaya ummat ini menjadi umat yang sopan santun (makarimal akhlak)

Sopan terhadap siapa?
Sopan terhadap Alloh yang telah membuat kita
Sopan terhadap Rosululloh
Sopan terhadap agama yang kita peluk masing-masing
Sopan terhadap diri sendiri
Sopan terhadap orangtua
Sopan terhadap masyarakat
Sopan terhadap ibu pertiwi
Sopan terhadap negara.

Sopan terhadap Alloh.
Contohnya bagaimana kita sebelum makan berdoa dulu bismillahirrohmanirrohim. Dengan nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah yaitu bentuk kesopanan kita kepada Alloh. Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan atas berkat Rohmat Alloh Yang Maha Kuasa merupakan bentuk kesopanan para pendahulu kita kepada Alloh. Mereka mengakui bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia ini bukan alasannya yaitu dukungan sekutu, bukan dukungan Jepang dan bukan semata-mata alasannya yaitu usaha bangsa Indonesia melawan Belanda. Tapi yaitu alasannya yaitu Rohmat Alloh Yang Maha Kuasa. Ada orang yang berpidato menyebutkan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu alasannya yaitu hasil usaha rakyat Indonesia yaitu bentuk ketidak-sopanan kepada Alloh.

Sopan terhadap Rosululloh,
Rosul merupakan pintu gerbang agung agama. Maka sudah sepantasnya kita sopan kepada Rosululloh

Sopan terhadap agama yang kita peluk.
Semua agama mengajarkan kesucian. Karena itu kita harus sopan dalam beragama.

Dalam Al Alquran kita tidak boleh untuk merusak sinagog, gereja, masjid-masjid daerah nama Alloh disebut. Maka kalau ada orang yang hingga merusak gereja atas nama agama, itu yaitu kebohongan. Itu yaitu atas nama hawa nafsu mereka sendiri. Demonstrasi dengan meneriakkan Allohu Akbar sambil saling memukul, menghancurkan, itu juga bentuk ketidak-sopanan kepada agama. Kalimat Allohu Akbar yaitu kalimat pertama yang dibaca pada waktu sholat, bagaimana bisa dipakai untuk sesuatu mirip itu. Kalau tidak oke dengan sesuatu, maka lakukan dengan sopan pula. Penggusuran dengan meneriakkan Allohu Akbar, ini kan pelecehan terhadap agama. Ketidaksopanan kepada agama. Mereka tidak menyadari bahwa dengan berbuat mirip itu mereka telah berbuat tidak sopan kepada agama.

Sopan kepada diri sendiri
Bagaimana kita diperintah untuk menutup aurat yaitu bentuk kesopanan pada diri sendiri dan sebaik-baik pakaian yaitu pakaian takwa. Tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi yang diciptakan Alloh ini menyerupai sepet (kulit sabut kelapa-red.), sedangkan berliannya yaitu manusia, maka sopanlah kepada diri sendiri.

Sopan kepada orang tua
Jangan hingga kita durhaka mirip dongeng bagaimana seorang dari desa yang berhasil menyekolahkan anaknya hingga menjadi sarjana dan orang yang sukses. Tapi ketika orang tuanya tiba tidak dihormati malah diusir. Ketidak-relaan orang bau tanah menimbulkan anak itu dan keluarganya diazab Alloh dengan dihancurkan rumah dan keluarganya. Padahal seharusnya si anak gembira dengan orang tuanya yang tinggal di desa tersebut dikarenakan telah berhasil mendidik anaknya menjadi orang yang sukses dibandingkan dengan orang kota yang belum tentu berhasil mendidik anaknya menjadi orang yang sukses.

Sopan kepada masyarakat
Dalam kehidupan ini kita tidak bisa keluar dari masyarakat, maka kita harus sopan kepada masyarakat.

Sopan kepada ibu pertiwi
Hadis Cinta tanah air kepingan dari keyakinan yaitu bentuk kesopanan kepada ibu pertiwi. Pendahulu kita memperlihatkan lambang negara berbentuk Garuda Pancasila melambangkan jiwa yang besar. Namun yang terjadi kini jiwa bangsa Indonesia sedang sakit kronis dengan semakin berkurangnya rasa Cinta Tanah Air Di zaman kini ini globalisasi yaitu sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun takada satu negara pun yang mau dilibas oleh negara lain. Satu-satunya cara adalahdengan menumbuhkan Cinta Tanah Air. Jepang, Korea tidak hingga terlibas dalam eraglobalisasi alasannya yaitu mereka memiliki akar yang besar lengan berkuasa dengan Cinta Tanah Air.
Sedangkan pada siapa kita diajar untuk santun?
Kita diajar santun kepada belum dewasa yatim
Kita diajar santun kepada para fakir miskin
Kita diajar santun kepada orang-orang yang teraniaya
Kita diajar santun kepada orang-orang yang terkena bencana.
Semoga uraian ini bermanfaat. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Wassalamu alaikum wr. wb.
Advertisement

Iklan Sidebar