Info Terbaru 2022

Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Teks Pidato Dengan Metode Kolaborasi

Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Teks Pidato Dengan Metode
Kolaborasi
Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Teks Pidato Dengan Metode
Kolaborasi
Pembelajaran Menulis Teks Pidato dengan Metode Kolaborasi - Pembelajaran merupakan sebuah proses. Langkah-langkah metode ini merupakan cara yang cantik untuk mengenalkan siswa kepada bahan pelajaran yang akan diajarkan. Selain itu, sanggup menggunakannya untuk menilai tingkat pengetahuan siswa. Alwasilah (2007:26) mengungkapkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis teks pidato dengan memakai metode kerja sama sebagai berikut :
  1. Siswa mengemukakan pengetahuannya perihal teks pidato.
  2. Pendapat yang disampaikan siswa perihal teks pidato ditanggapi oleh guru.
  3. Siswa mengemukakan teladan teks pidato sesuai dengan yang diketahuinya.
  4. Setelah siswa mengemukakan pendapat perihal teks pidato sesuai dengan pengtetahuan yang diketahuinya, guru menjelaskan bahan perihal teks pidato.
  5. Siswa menyimak teladan teks pidato dari guru.
  6. Siswa berkelompok (delapan kelompok, setiap orang terdiri atas lima orang).
  7. Siswa berkolaborasi dengan kelompoknya untuk menyatukan konsep dan merumuskan hal-hal yang penting dalam menulis teks pidato.
  8. Siswa menulis teks pidato masing-masing dengan memakai bahasa sendiri, sehabis berkolaborasi dengan kelompoknya perihal hal-hal yang penting dalam menulis teks pidato.
  9. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya bila mendapat hambatan dikala menulis teks pidato, biar mendapat masukan-masukan yang membangun dari setiap anggota kelompoknya.
  10. Siswa berkolaborasi dengan kelompoknya mengoreksi/menganalisis teks pidato yang ditulis teman sekelompoknya, dengan cara menggaris bawahi atau mencoret kesalahan yang dibuatnya (setiap anggota kelompok harus saling mengoreksi/ menganalisis).
  11. Siswa memperhatikan hal-hal yang yang perlu diperhatikan dikala mengoreksi/menganalisis tek pidato meliputi: kesesuaian isi dengan topik, struktur isi pidato, pilihan kata, dan EYD (ejaan yang disempurnakan) dalam berkolaborasi untuk mengoreksi/menganalisis teks pidato teman sekelompoknya.
  12. Siswa berkolaborasi mengoreksi/menganalisis teks pidato teman sekelompoknya (setiap anggota kelompok harus saling mengoreksi) dengan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan dikala mengoreksi/ menganalisis teks pidato meliputi: kesesuaian isi dengan topik, struktur isi pidato, pilihan kata, dan EYD (ejaan yang disempurnakan) dibimbing oleh guru.
  13. Setelah proses kerja sama tersebut berakhir, guru mengidentifikasi kesalahan yang paling sering dilakukan siswa, lalu menunjukkan pengarahan biar tidak mengulangi kesalahan yang sama.
  14. Setelah itu, guru menyuruh kembali siswa untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penulisan teks pidato dan melaksanakan analisis kembali pada pertemuan atau siklus berikutnya hingga dengan teks pidato tersebut dinilai sudah baik.
Dalam langkah-langkah di atas, siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam berguru serta merumuskan konsep dan kesimpulan sendiri terhadap bahan yang telah diajarkan. Setiap siswa saling mengoreksi atas kesalahannya dalam menulis teks pidato dengan cara kerjasama.

Berdasarkan pernyataan di atas, sanggup ditarik kesimpulan bahwa sehabis siswa selesai menulis teks pidato, sehabis itu siswa berkolaborasi dengan kelompoknya mengoreksi/menganalisis teks pidato yang ditulis teman sekelompoknya. Setelah proses kerja sama tersebut berakhir, guru mengidentifikasi kesalahan yang paling sering dilakukan siswa, lalu menunjukkan pengarahan biar tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Baca Juga 
Cara Membuka dan Menutup Pidato yang Baik dan Benar
Advertisement

Iklan Sidebar