Info Terbaru 2022

Pidato Perihal Akhlakul Karimah

Pidato Perihal Akhlakul Karimah
Pidato Perihal Akhlakul Karimah
PIDATO TENTANG AKHLAKUL KARIMAH
Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera !
Yang saya hormati Ibu Guru selaku Guru Penguji Praktek Bahasa Indonesia
Dan yang saya cintai teman-temanku.
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita sanggup berkumpul di ruangan ini dengan sehat dan sentosa, shalawat serta salam agar tetap tercurahkan kepada kita Nabi Muhammad S.A.W beserta keluarganya, para sahabatnya dan pengikutnya hingga hari akhir. Kepada Ibu guru yang terhormat dan teman- sobat yang saya sayangi dan saya banggakan. Ijinkanlah pada kesempatan yang singkat ini saya menyebarkan ilmu kepada anda semua yaitu perihal “akhlaqul karimah”.

Tahukah teman-teman apa yang dimaksud dengan Akhlaqul karimah?
Menurut pengertian dalam bahasa, Akhlaq yaitu tabi’at, kebiasaan, atau perangai. Di dalam akhlaq ada dua macam yaitu ada akhlaq mahmudah (terpuji) dan mazmumah (tercela). Tentu yang dimaksud akhlaqul karimah tidak lain yaitu akhlaq mahmudah. Seperti yang difirmankan oleh Allah S.W.T dalam Al-qur’an surat Al Qalam ayat 4 :
وإنك لعلى خلق عظيم


Artinya : Sesungguhnya  engkau (Muhammad) berada diatas kebijaksanaan pekerti yang agung.

Dari firman Allah tersebut sanggup kita simpulkan bahwa kita sepantasnya menimbulkan Nabi Muhammad sebagai suri tauladan bagi kita.
Dengan kita menjaga Akhlak tentu keimanan dan ketaqwaan kita akan selalu meningkat disisi Allah swt. 
 PIDATO TENTANG AKHLAKUL KARIMAH
Memang dalam kehidupan sehari-hari akhlaqul karimah sangat penting alasannya sanggup memilih kehormatan seseorang. Mari kita pikirkan sejenak! Bagaimana sih kita memperlakukan tetangga kita yang tertangkap tangan mencuri ataupun membunuh? Saya yakin niscaya mereka diasingkan, juga banyak orang yang mengejek atau mungkin malah tidak ada yang mau berteman dengan orang tersebut alasannya sudah tidak respect dengan orang tersebut. Sehingga, kalau kita ingin dihargai maupun dihormati dalam pergaulan kita harus menjaga akhlaq kita.

Bukan hanya di dunia saja, bahkan di darul abadi akhlaqul karimah juga sangat penting. Berdasarkan sabda nabi Muhammad S.A.W di dalam hadits yang diriwatkan Abu Daud yang berbunyi : 


ما من شيئ اثقل فى الميزان من حسن الخلق



Artinya : Tidak ada yang lebih berat di timbangan amal daripada kebijaksanaan pekerti yang terpuji.

Bukan dalam pergaulan atau dimasyarakat saja, kepada orangtua/ orang yang lebih renta kita harus sanggup berakhlaq yang baik.
Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita disisi Allah swt dengan selalu menjaga Akhlakul karimah kita kepada orang tua, sahabat, guru maupun dilingkungan sekeliling kita.
Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan. Semoga dari pidato ini sanggup menyadarkan hati kita untuk senantiasa menjaga akhlaq. Amin ya robbal alaminn.

Jika ada jarum yang patah
Jangan disimpan di almari
Jika ada kata-kata yang salah
Mohon dimaafkan sepenuh hati

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Naskah Pildacil " Ilmu Itu Cahaya "
 
Advertisement

Iklan Sidebar